BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    HASIL PENELITIAN
Data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE
| 
Keterangan | 
kelas | 
Jenis
  kelamin | 
Jumlah | 
Total | 
| 
X | 
X.A | 
L | 
12 | 
32 | 
| 
P | 
20 | |||
| 
X.B | 
L | 
12 | 
31 | |
| 
P | 
19 | |||
| 
X.C | 
L | 
12 | 
32 | |
| 
P | 
20 | |||
| 
X.D | 
L | 
19 | 
28 | |
| 
P | 
9 | |||
| 
XI | 
XI.IA1 | 
L | 
8 | 
31 | 
| 
P | 
23 | |||
| 
XI.IA2 | 
L | 
11 | 
30 | |
| 
P | 
19 | |||
| 
XI.IA3 | 
L | 
6 | 
30 | |
| 
P | 
24 | |||
| 
XI.IS | 
L | 
13 | 
34 | |
| 
P | 
21 | |||
| 
XII | 
XII.IA1 | 
L | 
7 | 
24 | 
| 
P | 
17 | |||
| 
XII.IA2 | 
L | 
7 | 
26 | |
| 
P | 
19 | |||
| 
XII.IA3 | 
L | 
5 | 
25 | |
| 
P | 
20 | |||
| 
XII.IS | 
L | 
15 | 
27 | |
| 
P | 
12 | |||
| 
TOTAL | 
350 | |||
Data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE yang mengikuti UN
| 
KETERANGAN | 
JENIS KELAMIN | 
JUMLAH | 
TOTAL | 
| 
XII.IA1 | 
Laki-laki | 
7 | 
24 | 
| 
Perempuan | 
17 | ||
| 
XII.1A2 | 
Laki-laki | 
7 | 
26 | 
| 
Perempuan | 
19 | ||
| 
XII.IA3 | 
Laki-laki | 
5 | 
25 | 
| 
Perempuan | 
20 | ||
| 
XII.IS | 
Laki-laki | 
15 | 
27 | 
| 
Perempuan | 
12 | ||
| 
jumlah | 
102 | ||
1.     
UPAYA YANG DILAKUKAN
DALAM MENGHADAPI UN
XII.IS
| 
KATEGORI | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
PENGAYAAN | 
15 | 
55,56% | 
| 
BELAJAR KELOMPOK | 
12 | 
44,44% | 
| 
BELAJAR SENDIRI | 
27 | 
100% | 
| 
BIMBINGAN | 
0 | 
0% | 
| 
JUMLAH | 
27 | 
100% | 
XII.IA1
| 
KATEGORI | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
PENGAYAAN | 
24 | 
100% | 
| 
BELAJAR KELOMPOK | 
20 | 
83,33% | 
| 
BELAJAR SENDIRI | 
24 | 
100% | 
| 
BIMBINGAN | 
0 | 
0% | 
| 
JUMLAH | 
24 | 
100% | 
XII.IA2
| 
KATEGORI | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
PENGAYAAN | 
26 | 
100% | 
| 
BELAJAR KELOMPOK | 
21 | 
80,77% | 
| 
BELAJAR SENDIRI | 
26 | 
100% | 
| 
BIMBINGAN | 
0 | 
0% | 
| 
JUMLAH | 
26 | 
100% | 
XII.IA3
| 
KATEGORI | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
PENGAYAAN | 
25 | 
100% | 
| 
BELAJAR KELOMPOK | 
18 | 
72% | 
| 
BELAJAR SENDIRI | 
25 | 
100% | 
| 
BIMBINGAN | 
0 | 
0% | 
| 
JUMLAH | 
25 | 
100% | 
2.      Pendapat
siswa smantel tentang tingkat kesulitan UN tahun ini dibandingkan tahun lalu
Ø  Siswa
kelas X
| 
TINGKAT KESULITAN | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
MUDAH | 
20 | 
16,26 | 
| 
SAMA | 
45 | 
36,59 | 
| 
SULIT | 
58 | 
47,15 | 
| 
jumlah | 
123 | 
100% | 
Ø  Siswa
kelas XI
| 
TINGKAT KESULITAN | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
MUDA | 
18 | 
14,4 | 
| 
SAMA | 
27 | 
21,6 | 
| 
SULIT | 
80 | 
64 | 
| 
jumlah | 
125 | 
100% | 
Ø  Siswa
kelas XII
| 
TINGKAT KESULITAN | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
MUDAH | 
12 | 
11,77 | 
| 
SAMA | 
10 | 
9,80 | 
| 
SULIT | 
80 | 
78,43 | 
| 
Jumlah | 
102 | 
100% | 
3.      Daftar
mata pelajaran UN yang dianggap sulit
a.      
Jurusa IA
| 
MAPEL | 
Jumlah | 
Persentase | 
| 
Matematika | 
10 | 
12,83 | 
| 
Bahasa inggris | 
10 | 
13,33 | 
| 
Bahasa Indonesia | 
5 | 
6,67 | 
| 
Kimia | 
15 | 
20 | 
| 
Fisika | 
30 | 
40 | 
| 
Biologi | 
5 | 
6,67 | 
| 
Jumlah | 
75 | 
100 | 
b.     
Jurusan IS
| 
MAPEL | 
Jumlah | 
Persentase | 
| 
Matematika | 
6 | 
22,22 | 
| 
Bahasa Indonesia | 
6 | 
22,22 | 
| 
Bahasa inggris | 
3 | 
11,11 | 
| 
Ekonomi | 
2 | 
7,41 | 
| 
Geografi | 
8 | 
29,63 | 
| 
Sosiologi | 
2 | 
7,41 | 
| 
Jumlah | 
27 | 
100 | 
KURIKULUM
A.   
PENERAPAN KURIKULUM DI SMAN 1 TELLU
LIMPOE
| 
keterangan | 
Jumlah | 
Persentase | 
| 
Belum memenuhi
  standar | 
25 | 
7,14 | 
| 
Standar | 
65 | 
18,57 | 
| 
maksimal | 
125 | 
35,72 | 
| 
Sangat baik | 
135 | 
38,57 | 
| 
Jumlah | 
350 | 
100% | 
B.    
TINGKAT PENGUASAAN MATERI UN BERDASARKAN
KURIKULUM DI SMAN 1 TELLU LIMPOE
| 
PENGUASAAN
  MATERI | 
Jumlah | 
Persentase | 
| 
Belum maksimal | 
70 | 
68,63 | 
| 
Sudah maksimal | 
22 | 
21,57 | 
| 
Sangat
  maksimal | 
10 | 
9,80 | 
| 
Jumlah | 
102 | 
100 | 
C.    
IMPLEMENTASI KURIKULUM TERHADAP UN
| 
KETERANGAN | 
JUMLAH | 
PERSENTASE | 
| 
Maksimal | 
25 | 
24,51 | 
| 
Kurang | 
27 | 
26,47 | 
| 
Sangat
  maksimal | 
35 | 
34,31 | 
| 
Belum maksimal | 
15 | 
14,71 | 
| 
Jumlah | 
102 | 
100 | 
B.    
PEMBAHASAN
Pelaksanaan
UN yang akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada tanggal 15 April
2013 nanti membuat banyak peserta UN dari sabang sampai merauke mempersiapkan
diri mereka, baik dari segi mental maupun dari segi fisik. Hal tersebut juga
diterapkan di SMAN 1 TELLU LIMPOE, berbagai persiapan yang dilakukan oleh para
siswa dalam menghadapi UN. Berdasarkan penelitianyang kami laksanakan mengenai
IMPLEMENTASI KTSP TERHADAP UN. Data yang kami peroleh adalah sebagai berikut:
Dari
data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE terdapat sebanyak 350 siswa dan 102 diantaranya
merupakan peserta UN. 27 merupakan peserta UN jurusan IS dan 57 merupakan
peserta UN jurusan IA. Dari 4 kelas tiga yang terdapat di SMAN 1 TELLU LIMPOE
yaitu kelas XII.IA1, Kelas XII.IA2, Kelas XII.IA, dan Kelas XII.IS, melakukan
berbagai upaya dalam menghadapi UN.
Data
dari kelas XII.IS tentang upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi UN seperti
dari 55,56% dari 27 siswa jurusan IS mengikuti pengayaaan secara baik, untuk
kategori belajar kelompok sekitar 44,44% dari jumlah siswa yang
melaksanakannya, sedangkan sebanyak 100% atau keseluruhan siswa IS melaksanakan
belajar mandiri di rumah mereka dengan mengulang pelajaran dan materi yang
telah disampaikan oleh bapak dan ibu guru, dan menurut pengakuan mereka tidak
ada satupun siswa jurusan IS yang mengikuti bimbingan khusus, karna mereka
berpendapat bahwa asalkan mereka rajin dan giat belajar, materi yang
disampaikan oleh guru mereka sudah cukup untuk menjadi bekal mereka dalam
menghadapi UN.
Untuk
kelas XII.IA, XII.IA2 dan XII.IA3 dari penelitian yang kami lakukan terhadap
upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi UN yaitu data siswa yang mengikuti
pengayaan dari ketiga kelas tersebut yaitu 100%. Hal tersebut dilihat dari
absensi pengayaan siswa yang selalu menggambarkan bahwa tingkat kehadiran siswa
dalam mengikuti pengayaan dalam hitungan rata-rata mencapai 100%. Sedangkan
untuk data siswa yang belajar kelompok untuk setiap kelas IA berbeda, pada
kelas XII.IA1 persentase siswa yang mengadakan belajar kelompok 83,33% dari
jumlah siswa, sedangkan untuk kelas XII.IA2 sekitar 80,77% siswa yang
melaksanakan kegiatan tersebut dan pada kelas XII.IA3 72% siswa mengadakan
kerja kelompok. Upaya ketiga yang dilakukan adalah belajar mandiri yang
dilakukan oleh setiap siswa, dan dari penilitian yang dilakukan diperoleh data
bahwa untuk setiap kelas IA melaksanakan kategori ini dengan tingkat persentase
100%. Sedangkan kategori terakhir yaitu mengikuti bimbingan, dari penelitian
yang kami lakukan hasilnya dari setiap kelas IA 0%.
Perubahan
yang terjadi pada pelaksanaan UN tahun ini sangat dirasakan oleh beberapa
kalangan baik dari pihak siswa maupun sekolah, beberapa perubahan peraturan
dalam pelaksanaan UN yang semakin menyulitkan dan membuat resah siswa, dari hal
tersebut kami mengadakan tingkat penelitian kepada siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE
dari kelas X,XI,dan XII tentang tingkat kesulitan UN pada tahun ini, dalam
penelitian ini kami menyediakan tiga kategori yaitu Mudah,Sama, dan Sulit.
Data
yang kami peroleh dari siswa kelas X yang berjumlah 123 orang yaitu, sebanyak
16,26% mereka mengatakan tingkat UN Mudah, sedangkan yang mengatakan tingkat UN
Sama dengan tahun lalu sebanyak 36,59%, dan sisanya 47,15% siswa mengatakan
bahwa tingkat UN tahun ini lebih Sulit daripada tahun lalu.
Data
yang kami peroleh dari siswa kelas XI tentang pendapat mereka tentang tingkat
kesulitan UN tahun ini ialah 14,4% siswa mengatakan tingkat UN tahun ini mudah,
21,6% mengtakan Sama dan 64% mengatakan lebih sulit dari tahun sebelumnya dari
125 siswa. Sedangkan data yang kami peroleh dari kelas XII adalah 11,77% yang
berpendapat UN tahun ini Mudah, 9,80% yang mengtatakan sama dan 78,43% yang
mengatakan sulit dari 102 siswa.
Alas
an siswa yang mengatakan bahwa tingkat kesulitan UN tahun ini mudah, karena
menurut mereka soal-soal UN tidak akan mungkin keluar dari KTSP/indicator
pembelajaran, asalkan siswa mau belajar dengan baik, pasti mereka bisa apalagi
materi soal UN (kisi-kisi soal) telah dibagikan,. Sedangkan siswa yang
mengatakan bahwa tingkat UN tahun lalu dengan tahun ini sama, karena menurut
mereka system yang digunakan sama, redaksi soal pun hamper sama yang berbeda
hanya penambahan paket soal, tetapi itu bukan alasan untuk siswa mengatakan UN
sulit karena dalam UN tidak ada sitem kerja sama. Sebaliknya bagi siswa yang
mengatakan UN tahun ini lebih susah karena aturan-aturan baru yang dikeluarkan
pemerintah ditambah lagi perubahan system paket menjadi 20 paket.
Penelitian
yang kami selanjutnya lakukan adalah mengenai mata pelajaran UN yang dianggap
susah oleh siswa ayitu mata pelajaran dalam bidang perhitungan seperti pada
jurusan IA matematika, fisika dan kimia sedangkan untuk jurusan IS yaitu
matematika dan ekonomi.. selain soal perhitungan kesulitan juga dijumpai pada
soal bahasa Inggris hal tersebut dikarenakan tingkat penguasaan bahasa inggris
mereka masih kurang. Dari jurusan IA terpilih sebanyak 40% dari jumlah siswa 75
orang mengatakan pelajaran paling susah adalah Fisika. Sedangkan untuk Jurusan
IS geografi sebanyak 29,63% dari 27 siswa.
Implementasi
KTSP terhadap UN dapat di ukur dengan melihat berbagai hal, dalam mengetahui
hal tersebut kami melakukan penelitian mengenai penerapan kurikulum di SMAN 1
Tellu Limpoe, mereka mengatakan bahwa penerapan kurikulum di sekolah mereka
yaitu sebanyak 7,14% mengatakan belum memenuhi standar, 18,57 mengatakan
standar, 35,72 mengatakan maksimal dan 38,57 mengatakan sangat baik.
Data
selanjutnya yang kami peroleh adalah tingkat penguasaan materi dari 102 peserta
UN dan mereka mengtakan yang belum maksimal 68,63%, yang sudah maksimal yaitu
21,57% dan yang sangat maksimal 9,80%. Hal tersebut didasarkan pada hasil-hasi
pembelajaran yang mereka lakukan salama ini serta cara mereka menjawab
soal-soal UN pada tahun-tahun sebelumnya yang diberikan dan dilatihkan oleh
bapak/ibu guru.
Penelitian
kami yang terakhir yaitu mengenai IMPLEMENTASI KTSP TERHADAP UN, dan dari
penelitian yang kami lakukan diperoleh data sebagai berikut sebanyak 24,51%
siswa mengatakan bahwa implementasi KTSP terhadap UN telah maksimal, 14,71%
yang mengatakan belum maksimal, 26,47% mengatakan kurang maksimal dan 34,31
mengatakan sangat maksimal. Data tersebut berdasarkan tingkat pengetahuan siswa
khususnya peserta UN disertakan dengan tingkat pemahaman dan penguasaan mereka
terhadap indicator pembelajaran yang selama ini diberikan.
 
Sands Casino & Resort – Las Vegas, NV | Review - Singapore
BalasHapusSands Hotel is the place to be if you're looking for 온카지노 the newest casino resort in Las Vegas, Nevada. The Sands 바카라 casino 샌즈카지노 resort and casino