Selasa, 16 September 2014

SOSIOLOGI SMAN 1 TELLU LIMPOE



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    HASIL PENELITIAN
Data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE
Keterangan
kelas
Jenis kelamin
Jumlah
Total
X
X.A
L
12
32
P
20
X.B
L
12
31
P
19
X.C
L
12
32
P
20
X.D
L
19
28
P
9
XI
XI.IA1
L
8
31
P
23
XI.IA2
L
11
30
P
19
XI.IA3
L
6
30
P
24
XI.IS
L
13
34
P
21
XII
XII.IA1
L
7
24
P
17
XII.IA2
L
7
26
P
19
XII.IA3
L
5
25
P
20
XII.IS
L
15
27
P
12
TOTAL
350


Data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE yang mengikuti UN
KETERANGAN
JENIS KELAMIN
JUMLAH
TOTAL
XII.IA1
Laki-laki
7
24
Perempuan
17
XII.1A2
Laki-laki
7
26
Perempuan
19
XII.IA3
Laki-laki
5
25
Perempuan
20
XII.IS
Laki-laki
15
27
Perempuan
12
jumlah
102


1.      UPAYA YANG DILAKUKAN DALAM MENGHADAPI UN
XII.IS
KATEGORI
JUMLAH
PERSENTASE
PENGAYAAN
15
55,56%
BELAJAR KELOMPOK

12
44,44%
BELAJAR SENDIRI
27
100%
BIMBINGAN
0
0%
JUMLAH
27
100%





XII.IA1
KATEGORI
JUMLAH
PERSENTASE
PENGAYAAN
24
100%
BELAJAR KELOMPOK

20
83,33%
BELAJAR SENDIRI
24
100%
BIMBINGAN
0
0%
JUMLAH
24
100%

XII.IA2
KATEGORI
JUMLAH
PERSENTASE
PENGAYAAN
26
100%
BELAJAR KELOMPOK

21
80,77%
BELAJAR SENDIRI
26
100%
BIMBINGAN
0
0%
JUMLAH
26
100%

XII.IA3
KATEGORI
JUMLAH
PERSENTASE
PENGAYAAN
25
100%
BELAJAR KELOMPOK
18
72%
BELAJAR SENDIRI
25
100%
BIMBINGAN
0
0%
JUMLAH
25
100%

2.      Pendapat siswa smantel tentang tingkat kesulitan UN tahun ini dibandingkan tahun lalu

Ø  Siswa kelas X
TINGKAT KESULITAN
JUMLAH
PERSENTASE
MUDAH
20
16,26
SAMA
45
36,59
SULIT
58
47,15
jumlah
123
100%

Ø  Siswa kelas XI
TINGKAT KESULITAN
JUMLAH
PERSENTASE
MUDA
18
14,4
SAMA
27
21,6
SULIT
80
64
jumlah
125
100%

Ø  Siswa kelas XII
TINGKAT KESULITAN
JUMLAH
PERSENTASE
MUDAH
12
11,77
SAMA
10
9,80
SULIT
80
78,43
Jumlah
102
100%







3.      Daftar mata pelajaran UN yang dianggap sulit

a.       Jurusa IA
MAPEL
Jumlah
Persentase
Matematika
10
12,83
Bahasa inggris
10
13,33
Bahasa Indonesia
5
6,67
Kimia
15
20
Fisika
30
40
Biologi
5
6,67
Jumlah
75
100

b.      Jurusan IS
MAPEL
Jumlah
Persentase
Matematika
6
22,22
Bahasa Indonesia
6
22,22
Bahasa inggris
3
11,11
Ekonomi
2
7,41
Geografi
8
29,63
Sosiologi
2
7,41
Jumlah
27
100





KURIKULUM

A.    PENERAPAN KURIKULUM DI SMAN 1 TELLU LIMPOE
keterangan
Jumlah
Persentase
Belum memenuhi standar
25
7,14
Standar
65
18,57
maksimal
125
35,72
Sangat baik
135
38,57
Jumlah
350
100%


B.     TINGKAT PENGUASAAN MATERI UN BERDASARKAN KURIKULUM DI SMAN 1 TELLU LIMPOE
PENGUASAAN MATERI
Jumlah
Persentase
Belum maksimal
70
68,63
Sudah maksimal
22
21,57
Sangat maksimal
10
9,80
Jumlah
102
100


C.     IMPLEMENTASI KURIKULUM TERHADAP UN
KETERANGAN
JUMLAH
PERSENTASE
Maksimal
25
24,51
Kurang
27
26,47
Sangat maksimal
35
34,31
Belum maksimal
15
14,71
Jumlah
102
100
B.     PEMBAHASAN
Pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada tanggal 15 April 2013 nanti membuat banyak peserta UN dari sabang sampai merauke mempersiapkan diri mereka, baik dari segi mental maupun dari segi fisik. Hal tersebut juga diterapkan di SMAN 1 TELLU LIMPOE, berbagai persiapan yang dilakukan oleh para siswa dalam menghadapi UN. Berdasarkan penelitianyang kami laksanakan mengenai IMPLEMENTASI KTSP TERHADAP UN. Data yang kami peroleh adalah sebagai berikut:
Dari data siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE terdapat sebanyak 350 siswa dan 102 diantaranya merupakan peserta UN. 27 merupakan peserta UN jurusan IS dan 57 merupakan peserta UN jurusan IA. Dari 4 kelas tiga yang terdapat di SMAN 1 TELLU LIMPOE yaitu kelas XII.IA1, Kelas XII.IA2, Kelas XII.IA, dan Kelas XII.IS, melakukan berbagai upaya dalam menghadapi UN.
Data dari kelas XII.IS tentang upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi UN seperti dari 55,56% dari 27 siswa jurusan IS mengikuti pengayaaan secara baik, untuk kategori belajar kelompok sekitar 44,44% dari jumlah siswa yang melaksanakannya, sedangkan sebanyak 100% atau keseluruhan siswa IS melaksanakan belajar mandiri di rumah mereka dengan mengulang pelajaran dan materi yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu guru, dan menurut pengakuan mereka tidak ada satupun siswa jurusan IS yang mengikuti bimbingan khusus, karna mereka berpendapat bahwa asalkan mereka rajin dan giat belajar, materi yang disampaikan oleh guru mereka sudah cukup untuk menjadi bekal mereka dalam menghadapi UN.
Untuk kelas XII.IA, XII.IA2 dan XII.IA3 dari penelitian yang kami lakukan terhadap upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi UN yaitu data siswa yang mengikuti pengayaan dari ketiga kelas tersebut yaitu 100%. Hal tersebut dilihat dari absensi pengayaan siswa yang selalu menggambarkan bahwa tingkat kehadiran siswa dalam mengikuti pengayaan dalam hitungan rata-rata mencapai 100%. Sedangkan untuk data siswa yang belajar kelompok untuk setiap kelas IA berbeda, pada kelas XII.IA1 persentase siswa yang mengadakan belajar kelompok 83,33% dari jumlah siswa, sedangkan untuk kelas XII.IA2 sekitar 80,77% siswa yang melaksanakan kegiatan tersebut dan pada kelas XII.IA3 72% siswa mengadakan kerja kelompok. Upaya ketiga yang dilakukan adalah belajar mandiri yang dilakukan oleh setiap siswa, dan dari penilitian yang dilakukan diperoleh data bahwa untuk setiap kelas IA melaksanakan kategori ini dengan tingkat persentase 100%. Sedangkan kategori terakhir yaitu mengikuti bimbingan, dari penelitian yang kami lakukan hasilnya dari setiap kelas IA 0%.

Perubahan yang terjadi pada pelaksanaan UN tahun ini sangat dirasakan oleh beberapa kalangan baik dari pihak siswa maupun sekolah, beberapa perubahan peraturan dalam pelaksanaan UN yang semakin menyulitkan dan membuat resah siswa, dari hal tersebut kami mengadakan tingkat penelitian kepada siswa SMAN 1 TELLU LIMPOE dari kelas X,XI,dan XII tentang tingkat kesulitan UN pada tahun ini, dalam penelitian ini kami menyediakan tiga kategori yaitu Mudah,Sama, dan Sulit.
Data yang kami peroleh dari siswa kelas X yang berjumlah 123 orang yaitu, sebanyak 16,26% mereka mengatakan tingkat UN Mudah, sedangkan yang mengatakan tingkat UN Sama dengan tahun lalu sebanyak 36,59%, dan sisanya 47,15% siswa mengatakan bahwa tingkat UN tahun ini lebih Sulit daripada tahun lalu.
Data yang kami peroleh dari siswa kelas XI tentang pendapat mereka tentang tingkat kesulitan UN tahun ini ialah 14,4% siswa mengatakan tingkat UN tahun ini mudah, 21,6% mengtakan Sama dan 64% mengatakan lebih sulit dari tahun sebelumnya dari 125 siswa. Sedangkan data yang kami peroleh dari kelas XII adalah 11,77% yang berpendapat UN tahun ini Mudah, 9,80% yang mengtatakan sama dan 78,43% yang mengatakan sulit dari 102 siswa.
Alas an siswa yang mengatakan bahwa tingkat kesulitan UN tahun ini mudah, karena menurut mereka soal-soal UN tidak akan mungkin keluar dari KTSP/indicator pembelajaran, asalkan siswa mau belajar dengan baik, pasti mereka bisa apalagi materi soal UN (kisi-kisi soal) telah dibagikan,. Sedangkan siswa yang mengatakan bahwa tingkat UN tahun lalu dengan tahun ini sama, karena menurut mereka system yang digunakan sama, redaksi soal pun hamper sama yang berbeda hanya penambahan paket soal, tetapi itu bukan alasan untuk siswa mengatakan UN sulit karena dalam UN tidak ada sitem kerja sama. Sebaliknya bagi siswa yang mengatakan UN tahun ini lebih susah karena aturan-aturan baru yang dikeluarkan pemerintah ditambah lagi perubahan system paket menjadi 20 paket.
Penelitian yang kami selanjutnya lakukan adalah mengenai mata pelajaran UN yang dianggap susah oleh siswa ayitu mata pelajaran dalam bidang perhitungan seperti pada jurusan IA matematika, fisika dan kimia sedangkan untuk jurusan IS yaitu matematika dan ekonomi.. selain soal perhitungan kesulitan juga dijumpai pada soal bahasa Inggris hal tersebut dikarenakan tingkat penguasaan bahasa inggris mereka masih kurang. Dari jurusan IA terpilih sebanyak 40% dari jumlah siswa 75 orang mengatakan pelajaran paling susah adalah Fisika. Sedangkan untuk Jurusan IS geografi sebanyak 29,63% dari 27 siswa.

Implementasi KTSP terhadap UN dapat di ukur dengan melihat berbagai hal, dalam mengetahui hal tersebut kami melakukan penelitian mengenai penerapan kurikulum di SMAN 1 Tellu Limpoe, mereka mengatakan bahwa penerapan kurikulum di sekolah mereka yaitu sebanyak 7,14% mengatakan belum memenuhi standar, 18,57 mengatakan standar, 35,72 mengatakan maksimal dan 38,57 mengatakan sangat baik.
Data selanjutnya yang kami peroleh adalah tingkat penguasaan materi dari 102 peserta UN dan mereka mengtakan yang belum maksimal 68,63%, yang sudah maksimal yaitu 21,57% dan yang sangat maksimal 9,80%. Hal tersebut didasarkan pada hasil-hasi pembelajaran yang mereka lakukan salama ini serta cara mereka menjawab soal-soal UN pada tahun-tahun sebelumnya yang diberikan dan dilatihkan oleh bapak/ibu guru.
Penelitian kami yang terakhir yaitu mengenai IMPLEMENTASI KTSP TERHADAP UN, dan dari penelitian yang kami lakukan diperoleh data sebagai berikut sebanyak 24,51% siswa mengatakan bahwa implementasi KTSP terhadap UN telah maksimal, 14,71% yang mengatakan belum maksimal, 26,47% mengatakan kurang maksimal dan 34,31 mengatakan sangat maksimal. Data tersebut berdasarkan tingkat pengetahuan siswa khususnya peserta UN disertakan dengan tingkat pemahaman dan penguasaan mereka terhadap indicator pembelajaran yang selama ini diberikan.

1 komentar:

  1. Sands Casino & Resort – Las Vegas, NV | Review - Singapore
    Sands Hotel is the place to be if you're looking for 온카지노 the newest casino resort in Las Vegas, Nevada. The Sands 바카라 casino 샌즈카지노 resort and casino

    BalasHapus